Mekanisme Penyusuanan kurikulum yaitu pada Program Studi D.III kebidanan
Akbid RP Palembang
Dari gambar diatas penyusunan dan
pengembangan kurikulum Program Studi D.III Kebidanan Akbid RP Palembang disusun
berbasis luaran (outcomes based). Langkah awal yang harus dilakukan
dalam menyusun kurikulum adalah dengan melakukan analisis SWOT danTracer
Study serta Market Signals. Ketiga kegiatan ini merupakan bagian
penting dalam keseluruhan kegiatan evaluasi pelaksanaan kurikulum sebelumnya.
Perlu ditekankan bahwa selama proses penyusunan kurikulum, keterlibatan seluruh
staf program studi dan perwakilan stakeholder harus dilakukan untuk
menjamin konvergensi konstruksi dari kurikulum program studi.
Gambar Alur Penentuan Capaian Pembelajaran
Alur
penentuan profil lulusan diperlihatkan dalam Gambar Pernyataan profil lulusan
merupakan bukti akuntabilitas akademik Program Studi D.III Kebidanan Akbid RP
Palembang Selain itu, profil lulusan menjadi pembeda program studi satu
terhadap program studi lainnya. Deskripsi dari setiap pernyataan profil lulusan
dapat disertakan untuk memudahkan dalam melaksanakan tahap pengembangan
kurikulum berikutnya, misalnya dalam menentukan CP.
Sebagai
perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan
nasional, sistem pelatihan kerja nasional serta sistem penilaian kesetaraan
capaian pembelajaran nasional yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan
sumberdaya manusia nasional yang bermutu dan produktif, telah disusun Kerangka
Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sebagai perwujudan mutu dan jati diri
bangsa Indonesia dalam sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja
nasional serta sistem pengakuan kompetensi nasional, KKNI dimaksudkan sebagai
pedoman untuk:
- Menetapkan kualifikasi capaian pembelajaran yang diperoleh melalui pendidikan bformal, nonformal, informal, pelatihan atau pengalaman kerja;
- . Menetapkan skema pengakuan kualifikasi CP yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, pelatihan atau pengalaman kerja;
- Menyetarakan kualifikasi antara capaian pembelajaran yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, pelatihan atau pengalaman kerja;
- Mengembangkan metode dan sistem pengakuan kualifikasi sumberdaya manusia dari negara lain yang akan bekerja di Indonesia
.Kesetaraan
antara capaian pembelajaran setiap jenjang program pendidikan pada ke‐3 jalur pendidikan tinggi dengan jenjang
kualifikasi KKNI Perpres No. 8 Tahun 2012 dapat dilihat pada Gambar 5.3.
Terlihat dalam gambar tersebut bahwa Program Studi D.III Kebidanan Akbid RP
Palembang adalah berada pada level 5.
Gambar Diagram Level KKNI untuk Pendidikan
Keilmuan, Keahlian, Profesi dan Pengembangan Karir
Kurikulum memuat mata
kuliah/ modul/ blok yang mendukung capaian pembelajaran (Learning Outcome) dan memberikan
keleluasaan pada mahasiswa Program Studi D.III Kebidanan Akbid RP Palembang
untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan
minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/ modul/ blok, silabus,
rencana pembelajaran (RPS) dan evaluasi. Kurikulum harus dirancang berdasarkan
relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang
mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan
kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat
diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar